Minggu, 02 Juni 2013

Review : Bangkok: The Journal by Moemoe Rizal



3 of 5 stars

Kalo tiap novel ada jenis kelaminnya, berarti novel Bangkok ini sudah pasti laki-laki. Oh bukan, bukan karena penulisnya laki-laki atau sudut pandang orang pertamanya juga laki-laki. Tapi aku rasa itu karena... yah, you know what I mean, right? Youabsolutely know what I mean

lols :P

Sebenarnya aku sudah selesai menjelajah Bangkok: The Journal ini kemaren malem. Udah gatel aja tangan pengen ngidupin laptop terus nulis review deh di goodreads. But well, sudah terlalu malam. Bayang-bayang kesibukan hari Senin yang ribet bikin aku urung menulis review dan menundanya sampai pagi ini. Untungnya sih hari ini masuk jam sebelas jadi yaaaah masih ada waktu santai di rumah :P hihi

Jujur aja aku baru 2x baca novel karya kak Moemoe Rizal. Fly To The Sky sama Bangkok: The Journal ini. Dulu sempat mau beli Jump cuma kepicut duluan sama Terpesona, jadi batal deh.walau sekarang sebel banget ga jadi beli Jump malah beli Terpesona ya isinya mengecewakan. TAPI, meskipun baru baca dua novel kak Moemoe, aku bisa langsung menemukan khas penulisannya. 

Dilihat dari plotnya sih oke-oke aja. Karakter para tokohnya juga kuat, yah walaupun aku ga bisa merasakan chemistry antara Edvan dan Charm. Tapi hubungan afeksi antara Edvan dan Edvin yang paling aku suka di novel ini. Kata-kata family help family itu entah kenapa ya rasanya menyentuh sekali :') konflik keluarga di novel ini berhasil bikin aku nyaris nangis berkali-kali. Berat pasti rasanya jadi Edvan si tukang narsis itu. 

Sebenarnya aku berharap bisa ngasih empat bintang sama novel ini. Tapi ya itu, chemistry antara Edvan dan Charm ga aku rasain. Yang artinya aku ga merasa kalo mereka berdua itu seharusnya jadi sepasang kekasih seperti Leonardo dan Felice di novel Roma kebiasaan kan banding-bandingin buku kamu mah cha. Dan, bintang yang kelima itu emang ga pernah aku sentuh. Pasalnya, aku 'menganut' kepercayaan tidak-ada-novel-yang-sempurna, jadi bintang kelima itu ga pernah aku kasih ke buku mana pun *iya kan ya? sial, gue lupa lagi*

Kayak di novel Restart, di sini juga ada sedikiiiiiit hubungan sama novel Fly To The Sky. Cuma sekilas sih tapi jadi bagian terpenting di novel ini juga. 

Pas di halaman 210 itu sangat mengingatkan aku waktu pertama kalinya aku ngampus *OSPEK*. Rasanya tuh persis kayak yang dijabarin Edvan. Pengen nangis karena homesick tapi ga bisa karena merasa udah jadi orang (beranjak) dewasa. Waktu nyasar di Jakarta kepengennya nelepon Mama ato orang rumah di Bogor. Tapi kan ga mungkin juga gitu ya aku nelepon terus minta jemput yang jarak jauhnya kebangetan gitu. Akhirnya sama kayak Edvan, aku nelepon temen cuma buat bilang "Gue nyasar". 

Di halaman 282 waktu Edvan bilang 'ucing sumput' aku sontak ketawa ngakak. Beneran deh, sunda banget nih orang :P apalagi dia ngomongnya sama gadis Thai yang ga tau apa itu artinya 'ucing sumput'. Ya ampun.......

Aaaaaand, holy shit deh sama apa yang terjadi di halaman 326. Aku cuma bisa bergeming aja gitu bacanya terus WHAT-THE-HELL-WAS-THAT yang keluar dari mulutku pertama kali.Bromance maksudku, brotherhood antara Edvan dan (ups spoiler) bener-bener bikin aku gemas. Lebih cocok ke bromance ga sih? *di keplak kak Moemoe* *sok kenal amat gue* *yaudah sih kebanyakan tanda bintang jadi pusing*

Oh ya, kalo di novel Roma-nya kak Robin banjir quote, di novel ini juga aku nemu banyak quote. Yah, kalo quote-quote di awal bab sih aku sering nemu di brainyquote.com. Tapi aku sukaaaaaaa banget sama quote-quote yang tersirat di dalam cerita. Kayak misalnya,

Mendoakan orang nggak boleh ada 'tapi'-nya


Karena pada dasarnya, aku nggak sendirian. Aku masih punya keluarga


Dan, masih banyak lagi :))

SO, novel ini nggak mengecewakan. Sesuai dengan ekspetasiku walaupun kurang gregetnya dikit. Aku sih berharap kak Moemoe bakal bikin cerita tentang Stevan :P he's adorable btw hihi 

Yah, pengennya sih langsung 'terbang' lagi ke Melbourne, tapi apa daya. Dompetku sedang terjangkit krisis ekonomi. Jadi yah, kudu jemput rezeki dulu deh hehe

สวัสดีค่ะ--sawatdee kha!

♥Best Regards♥